Selamat Datang di Catatan Harian Hermanto Deli El-Faraby..

Menjemput Rezki yang halal Brsma : Ust. Abu Zubeir al-Hawary


Tabligh Akbar, 2 Juni 2013
Menjemput Rezki yang halal
Brsma : Ust. Abu Zubeir al-Hawary
Pukul 09.00-12.00
di Masjid Jabal Rahmah Semen Padang

1.
2. Memperbanyak istighfar dan bertaubat akan mempermudah pintu reski
3. bertawakal kepada Allah
Hadits Nabi, "kalaulah kalian bertawakal dg tawakal yang sesungguhnya, niscaya Allah akan beri rizki sebagaimana burung diberi rizki oleh Allah"
Burung di waktu pagi pergi mencari makan sedangkan pulang di sore jlhari dengan perut yang kenyang. Ulama Salaf, " tawakal kepada Allah akan digiring rezki itu tanpa engkau bersusah letih mendapatkannya". Tawakal itu meyakini bahwa segala sesuatu atas ketentuan Allah maka ia hanya akan menyerahkan segala urusannya kepada Allah. Tawakal bukan berarti sibuk duduk ibadah setiap hari dan tidak mau bekerja, tetapi ketika dia bekerja dia serahkan segala urusannya kepada Allah. Ibnu Rajab, "kebenaran bergantungnya hati kepada Allah dalam mendapatkan manfaat maupun mudharat".
4. Menyambung hubungan silaturrahim dengan kerabat2 yang memiliki hubungan pertalian darah
Hadits Nabi, "Dari abu Hurairah, "barangsiapa yang i.gin dibentangkan teski baginya, dipaniangkan umurnya, maka hendaklah dia menyanbung tali silaturahim" HR. Bukhari-Muslim.
Bagaimana cara silaturrahim :
- mengunjungi kerabat kita, mamak, kakak, keponakan
- jika tidak bisa bisa dengan menelpon atau sms
- jika tidak bisa juga bisa dengan mengirimkan hadiah
- setidaknya mengirim salam kepada sanak saudara yang pulang
5. Berinfak di jalan Allah
Dalam surat saba', "apapun yang kalian infakkan di jalan Allah, maka Allah yang akan menggantinya". Imam Ibnu Katsir mnejelaskan, "apapun dan berapapun yang kalian infakan maka Allah akan menggantinya dengan ganti yang berlipat ganda".
Dalam surah al-baqarah, infak itu harus dari sesuatu yang baik, yang halal bukan dari sesuatu yang tidak kita inginkan lagi atau yang terburuk yang dimiliki.
Dalam hadits, "berinfaklah engkau wahai bilal, janganlah engkau takut miskin, janganlah engkau khawatir Allah tidak akan menggantinya". (HR. al-Baihaqi)
6. Mengiringi satu umrah dengan umraj berikutnya atau satu haji denga. haji berikutnya
Sering melalukan umrah atau haji akan semakin membuka pi tu reski. jadi bukanlah tercela jika ada yang pergi haji berkali-kali. Dalilnya, "dari ibnu Masud, iringilah antara haji dan umrah itu, maka sesungguhnya Allaj akan memudahkan rezki, dihilangkan dosa dan dijauhkan kemiskinan" HR. Tirmidzi
7. berbuat baik kepada orang2 yang lemah
dari abu darda, "cari aku bersama orang2 yang lemah di antara kalian". Jqngan pernah lecehkan dan remehkan, karena itu dapat menjaei sebab Allah memudahkan rezki bagi kita. Jika engkau ingin dimuliakan Allah, maka muliakanlah orang2 yang lemah, berbuat baiklah kepada mereka niscaya Allah akan memuliakanmu.
8. menikah kunci rezki
Jangan takut menikah padahal menikah itu membuka pintu rezki. syarat nikah itu bukan pekerjaan, tidak penting pekerjaan tetap yang paling penting adalah tetap bekerja. ketika anda menikah, maka akan ada dua rizki untuk anda, rizki anda dan rizki istri anda. Umar pernah berkata, "aneh orang yang mencari kekayaan tetapi tidak menikah".
9. banyak mengerjakan ibadah
Para ulama salaf mengatakan fokus, konsentrasi, bersungguh2 dalam beribadah, karena kekayaan itu tempatnya dihati. bukan pada kendaraan yang kita miiliki, bukan pada pakaian yang kita pakai, bukan rumah mewah yang kita bangun. akan tetapi kekayaan itu terletak pada hati yang taat kepada Allah.

0 comments:

Post a Comment