Selamat Datang di Catatan Harian Hermanto Deli El-Faraby..

Mengembalikan Bootloader Grub

Aduch gan..
tdi siang ane, iseng2 utak atik windows, saking asyknya utak atik..
akhirnya error dech lappie kesayangan ane.
sempat panik jg sich, cz salah satu cara mengembalikan agar dia baik lagi..
ya Install ULANG..

kacau g' tuch, bagaimana ntar dengan Linux ane gan.
langsung ajj ane buka FB dr HP, minta bantuan sama sesepuh tercinta..:)
akhirnya semuanya kembali seperti semula.
hehee..:D
nie gan, caranya..
ya pertama dan utama sekali, terpaksa install ulang dulu.
ane make dual boot gan, soalnya klo windows..Game kesayangan ane di sana gan.
Main PES, Most Wanted, PointBlank dkk..:D
ya dengan terpaksa ane g' bisa ninggalin windows..maafin ya.??
setelah windows selesai di install..
langkah berikutnya adalah, kita jalanin Live CD Installer Linux,
disini ane menggunakan Flashdisk..
setelah sampai di Live CD nya..
yang dilakukan adalah,.....................
  • Buka terminal di Applications > Accessories > Terminal atau tekan Alt+F2 kemudian ketik gnome-terminal
  • Ketik perintah berikut untuk mengetahui partisi mana linux diinstall, atau buka aplikasi GParted bila kita ragu
sudo fdisk -l
  • Setelah kita tahu partisi Linux terinstall, misalnya di /dev/sda6 (ingat partisi dengan mount point root / ya!). caranya : sudo su dulu.. Kemudian mount partisi tersebut dengan perintah
sudo mount /dev/sda6 /mnt
  • Kalau sudah ter-mount waktunya install GRUB
    sudo grub-install --root-directory=/mnt /dev/sda
    Ingat dash (-) sebelum root 2x ya!
ternyata simple gan..
silakan dicoba klo Grub Loader agan2 semua senasib dengan ane..
Mission Complete.!!

2 comments:

Unknown said...

iy t buy...
mantap gan..
bisa awk cbo bsuak klu terjadi bantuak abuy..?
hhhaahahahaha...
:)
buy nilai drop...
terpaksa ngulang...

Unknown said...

siip sdra..
bisa dicoba,

yg sabar sdra q.
jgn prnah menyerah.
semangat.!!

Post a Comment