Selamat Datang di Catatan Harian Hermanto Deli El-Faraby..

Bagian-bagian Desktop Distro Linux UNP


Distro UNP menyediakan lingkungan kerja atau desktop environment yang sangat mudah digunakan yang bernama GNOME (http://www.gnome.org). Desktop ini sangat sederhana, namun kaya akan fitur dan aplikasi.

Bagian-bagian Desktop Distro UNP
Secara default, tampilan dektop Distro UNP adalah seperti gambar berikut ini :
 
Desktop Distro UNP terdiri dari dua bagian utama, yaitu area kerja dan panel. Area kerja merupakan tempat dimana jendela-jendela aplikasi ditempatkan serta ikon-ikon desktop ditampilkan. Sedangkan panel berisikan ikon-ikon dan objek untuk memudahkan kita dalam bekerja. Panel bawaan pada Distro UNP ada dua, yaitu Panel atas dan panel bawah. Berikut adalah penjelasan bagian-bagian dari setiap panel :
  1. Panel Atas
    Panel atas Distro UNP ini, disebut dengan nama UNP-Panel.
    Dimana panel ini berisikan Start Menu dan ikon launcher untuk beberapa aplikasi yang sering digunakan dalam kegiatan komputasi sehari-hari, seperti : LibreOffice, Firefox, Gimp, Inkscape, Exaile dan beberapa ikon navigasi cepat ke jejaring sosial seperti Facebook, G+ dan Twitter.
    Secara default, posisi dari UNP-Panel ini adalah “autohide” yaitu panel ini akan tersembunyi secara otomatis jika tidak diperlukan. Kita cukup menggeser ikon tetikus ke sisi atas layar deskop, maka UNP-Panel akan muncul. Dan ketika tidak kita perlukan panel ini akan tersembunyi. Di samping itu, UNP-Panel juga dapat kita konfigurasikan sendiri tergantung pada selera dan keinginan kita masing-masing.
  2. Panel Bawah
    Sedangkan panel bawah berisikan beberapa ikon launcher atau objek yang dapat mempermudah kerja kita dalam kegiatan komputasi kita sehari-hari. 
    Berikut penjelasannya :
    Nautilus yaitu : Peramban berkas pada Linux, melalui ikon ini kita cukup mengklik satu kali, maka akan ditampilkan manajemen berkas pada komputer kita, memiliki fungsi yang sama dengan Windows Explorer pada Microsoft Windows.

    Windows List yaitu menampilkan daftar-daftar aplikasi yang sedang kita gunakan pada suatu area kerja
    Area Notifikasi yaitu objek yang menunjukkan kapasitas baterai yang masih tersedia, penujuk jaringan, volume suara dan e-mail
    Penanda tanggal dan waktu sistem
Ikon Terminal, Trash dan tombol Turn ON/OFF komputer

"Distro Linux UNP telah hadir untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kita yang ingin bermigrasi menggunakan Sistem Operasi Linux pada Komputer kesayangan kita."

3 comments:

Fakhrozi said...

Thats great...!!!!!

Yaddi Surahman said...

mantep..., base systemnya apaan nih

Unknown said...

mkasi bg..
dikembangkan dr Blankon 7 Pattimura bg..:)

Post a Comment