Selamat Datang di Catatan Harian Hermanto Deli El-Faraby..

Install Gnome Shell pada Ubuntu 11.10

GNOME Shell

GNOME Shell (shell) adalah interface standar dari desktop environment GNOME mulai sejak GNOME 3. Ubuntu 11.10 telah menggunakan GNOME 3 secara default, dan tetap menggunakan Unity sebagai shell default. Namun, jika Anda mempunyai komputer yang spesifikasinya dibawah standar, Anda bisa menggunakan Ubuntu 2D (Unity 2D) sebagai fallback mode.
Fallback mode pada Ubuntu 11.10 tetap menggunakan GNOME 3 dengan efek yang seminim mungkin untuk mendukung komputer dengan grafis yang rendah, dan GNOME classic yang berbasis GNOME 2.3.x telah dihilangkan. Jadi, jika Anda ingin mencoba GNOME Shell pada Ubuntu 11.10, Anda tidak perlu khawatir kalau GNOME Shell akan bentrok dengan Unity, seperti yang terjadi pada Ubuntu 11.04 yang disebabkan karena Ubuntu 11.04 masih menggunakan GNOME 2.3.x
Setelah Anda selesai menginstall Ubuntu 11.10 Anda sudah langsung bisa menginstall GNOME Shell dari Terminal atau Ubuntu Software Center karena GNOME Shell sudah tersedia dari repositori resmi.

Install GNOME Shell di Ubuntu 11.10

  • Buka Terminal (tekan Ctrl-Alt-T), dan jalankan perintah dibawah ini:
  • sudo apt-get install gnome-shell
  • Anda juga bisa menginstall GNOME Shell dari Ubuntu Software Center, Anda bisa menggunakan fasilitas search; gnome shell untuk mencari nama paketnya, dan klik Install.
  • Selesai.
Setelah selesai menginstall GNOME Shell, restart Ubuntu untuk masuk ke session GNOME Shell.
Pada login screen Ubuntu 11.10 yang telah diinstall GNOME Shell Anda akan menemukan menu seperti ini:
Ubuntu 11.10 Login screen
Keterangan:
  • GNOME: Ubuntu dengan interface GNOME Shell
  • GNOME Classic: Ubuntu dengan interface classic, memiliki panel atas dan bawah- mirip dengan tampilan default Ubuntu 10.10.
  • GNOME Classic (No effects): Sama dengan tampilan GNOME Classic.
  • Ubuntu: Ubuntu dengan tampilan standar dari Ubuntu 11.10, yaitu dengan Unity dan dash sebagai menu untuk mengakses aplikasi.
  • Ubuntu 2D: Ubuntu dengan tampilan yang mirip dengan Ubuntu 11.10 standar tetapi dengan efek yang minimal. Dikenal juga dengan Unity 2D.
Screenshot:
GNOME Shell
Untuk menambahkan aplikasi favorit Anda ke dock sebelah kiri seperti dibawah ini,
GNOME Shell favorite apps
caranya adalah mengklik menu Activities (kiri-atas) pilih menu Applications, lalu pilih salah satu aplikasi yang mau ditambahkan, misalnya saja Banshee, klik-kanan pada ikon Banshee lalu pilih Add to Favorites seperti ini:
GNOME Shell applications

Selamat Mencoba..

Sumber :
http://appbuntu.com/2011/10/install-gnome-shell-di-ubuntu-11-10/

0 comments:

Post a Comment